Pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar siswa.
Nama:Muhammad Akmal
Kelas :PAI 4H
NIM. :11901248
PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA.
Saat ini dunia sedang dilanda pandemi COVID-19 (Corona Virus Disease 2019). Cara penularan penyakit ini melalui tetesan kecil (droplet) orang yang terjangkit pada batuk atau bersin. Demi mencegah penyebaran COVID-19, presiden Jokowi dalam pers di Istana Bogor mengimbau masyarakat Indonesia untuk kerja, belajar, dan ibadah dari rumah.
Kegiatan belajar dilaksanakan secara berani atau online. Keluhan mahasiswa terkait kebijakan belajar dari rumah pun mulai bermunculan. "Minat adalah suatu keinginan atau rasa ketertarikan yang berasal dari diri sendiri terhadap sesuatu tanpa adanya tekanan atau hasil dari pihak tertentu" (Huda, 2017).
Pembelajaran online mempunyai banyak manfaat:
1.dapat membangun komunikasi dan diskusi yang sangat efisisen antara guru dengan murid.
2.siswa saling berinteraksi dan berdiskusi antara siswa yang satu dengan siswa yang lainya tanpa melalui guru, dengan orang tua.
3.sarana yang tepat untuk ujian maupun kuis.
4.guru dapat dengan mudah memberikan materi kepada siswa berupa gambar dan vidio selain itu murid juga dapat mengunduh bahan ajar tersebut.
5.dapat memudahkan guru membuat soal dimana saja dan kapan saja.
Minat belajar adalah salah satu rasa untuk menyukai atau juga tertarik pada satu hal dan aktivitas belajar tanpa ada yang menyuruh untuk belajar.
Menurut Isman pembelajaran daring merupakan pemanfaatan jaringan internet dalam proses pembelajaran. Dengan pembelajaran daring siswa memiliki keleluasaan waktu belajar, dapat belajar kapanpun dan dimanapun. Siswa dapat berinteraksi dengan guru menggunakan beberapa aplikasi seperti classroom, video converence, telepon atau live chat, zoom maupun melalui whatsapp group.
Adanya pandemi covid-19 ini membuat peserta didik mau tidak mau,suka tidak suka harus berhadapan dengan teknologi untuk mendukung pembelajaran. sekolah harus menyiapkan alat dan bahan untuk menyiapkan bahan ajar dalam pembelajaran jarak jauh. Untuk menjadi pemebelajaran online yang efektif seorang memerlukan cara tertentu yaitu siswa di hadapkan pada berbagai pengalaman belajar.
Dalam pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring sampai saat ini,hanya efektif dalam mengerjakan penugasan yang diberikan oleh gurunya.Tapi,dalam hal pembelajaran untuk memahami konsep sampai refleksi tidak berjalan dengan baik.
Belajar dirumah tidak menjadi masalah karena pembelajaran bisa dilakukan kapan dan dimana saja, apalagi ada dukungan dengan sistem daring. Jadi, proses pembelajaran bisa terjadi di rumah, di sekolah maupun masyarakat. Oleh karena itu belajar yang variatif. Keberhasilan dari suatu model atau pun media pembelajaran tergantung dari karakteristik peserta didiknya sebagimana yang diungkapkan oleh Nekayama bahwa dari semua literatur dalam e-learning mengindikasikan bahwa tidak semua peserta didik akan sukses dalam pembelajaran online.Ini dikarenakan faktor lingkungan belajar dan karakteristik peserta didik.
Komentar
Posting Komentar