Perangkat Pembelajaran
Nama : Muhammad
Akmal
Kelas : PAI 6 H
Nim :
11901248
Makul : MAGANG 2
Perangkat
Pembelajaran
Menurut saya perangkat pembelajaran ini merupakan komponen penting yang
harus di siapkan dalam melaksanakan pembelajaran karena perangkat pembelajaran
sendiri memiliki tujuan untuk memenuhi suatu keberhasilan guru dalam pembelajaran.
Sebagaiman kita ketahui pengertian dari perangkat adalah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan
digunakan dalam proses pembelajan sehingga seorang guru dapat mencapai kegiatan
yang diinginkanya. Sedangkan pembelajaran merupakan suatu proses kerja sama
antara siswa dan guru dalam memanfaatkan segala potensi dan sumber yang ada
baik potensi yang bersumber dari dalam diri sisiwa itu sendiri seperti minat,
bakat dan kemampuan dasar yang dimiliki termasuk gaya belajar maupun potensi
yang ada di luar diri siswa seperti lingkungan, sarana dan sumber belajar
sebagai upaya untuk mencapai tujuan belajar tententu.
1. 1. Silabus
Silabus ini berisi Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar yang harus dicapai, untuk mencapainya diukur berdasarkan indikator
pencapaian. Silabus ibarat ringkasan dari kurikulum karena didalamnya terdapat
target pencapaian, media, dan lain sebagainya.
Manfaat Silabus
Silabus bermanfaat sebagai pedoman
pengembangan perangkat pembelajaran lebih lanjut, mulai dari perencanaan,
pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian. Silabus
bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut,
seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan
pengembangan sistem penilaian. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan
rencana pembelajaran, kaib rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi
maupun satu Kompetensi Dasar.
2. 2. RPP
RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
merupakan langkah-langkah yang harus di tempuh oleh guru dalam rangka pemberian
pelayanan kepada peserta didik. Perencanaan yang dirancang mencakup model,
metode, pelaksanaan, evaluasi dan instrumen penilaian.
Tujuan rencana pelaksanaan
pembelajaran adalah untuk: (1) mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil
proses belajar-mengajar; (2) dengan menyusun rencana pembelajaran secara
profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat,
mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka
kerja yang logis dan terencana (Kunandar, 2011: 264).
Fungsi rencana pembelajaran adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar (kegiatan pembelajaran) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien (Kunandar, 2011: 264)
3. 3. Kelender Akademik
Kalender Pendidikan ialah suatu
pengaturan waktu dalam kegiatan pembelajaran peserta didik dalam rentang
rentang waktu 1 (satu) tahun ajaran yang mencakup antara lain permulaan tahun
ajaran, minggu efektif belajar, dan hari libur. Kurikulum suatu pendidikan
pada setiap jenis dan jenjang di selenggarakan dengan mengikuti Kaldik setiap
tahun pelajaran.
Fungsi Kalender Pendidikan (Kaldik) dalam
kegiatan pendidikan/ pembelajaran:
- Mendorong efektivitas dan
efisiensi proses pembelajaran di Sekolah/Madrasah.
- Menyerasikan ketentuan
mengenai hari efektif dan hari libur Sekolah/Madrasah,
- Pedoman dalam menyusun
program kegiatan pembelajaran di Sekolah
- Pedoman bagi guru untuk
menyusun Program Tahunan (Prota), Promes, serta membuat silabus, rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan satuan acara pembelajaran.
4. 4. Prota
Program tahunan atau Prota merupakan batasan
materi yang harus diselesaikan dengan waktu yang tertera jelas dalam tabel
program tahunan. Prota berisi distribusi materi selama satu tahun pelajaran
yang terdiri dari dua semester, prota terbentuk dari program semester.
Menyusun Program Tahunan
(Prota), komponen minimal yang wajib dipenuhi adalah sebagai berikut;
- Identitas (mata pelajaran,
kelas, tahun pelajaran)
- Format isian ( tema, sub
tema, dan alokasi waktu)
- Langkah Menyusun Prota
Fungsi Program Tahunan (Prota) dalam
kegiatan pendidikan/ pembelajaran:
- Sebagai pedoman dalam
menyusun Promes, program suatu pelajaran dan juga sebagai persiapan
dalam mengajar agar lebih rapi dan terorganisir secara lebih matang.
- Sebagai pedoman dalam
membuat Kaldik.
- Sebagai acuan dalam rangka
optimalisasi, efisiensi dan efektivitas penggunaan waktu belajar efektif
yang ada
5. 5. Promes
Program semester atau promes merupakan
gambaran distribusi materi selama satu semester berdasarkan SK dan KD yang
telah dirumuskan dalam Standar Isi.
dalam Promes ini umumnya berisikan
hal-hal sebagai berikut di bawah ini;
- Identitas (satuan
pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, tahun pelajaran)
- Format isian (tema, sub
tema, pembelajaran ke alokasi waktu, dan bulan yang terinci per minggu,
dan keterangan yang diisi kapan pelaksanaan pembelajaran berlangsung
- Langkah menyusun Promes
Fungsi Program Semester (Promes) dalam
kegiatan pendidikan/ pembelajaran:
- Menyederhanakan/ memudahkan
tugas seorang guru dalam pembelajaran selama satu semester.
- Sebagai pedoman/ acuan arah
kegiatan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diprogramkan.
- Sebagai pola dasar dalam
mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan
pembelajaran.
- Sebagai pedoman kerja bagi
guru sekaligus bagi murid
- Sebagai parameter
efektivitas dalam suatu proses pembelajaran
- Sebagai bahan penyusunan data
agar terjadi keseimbangan kerja
- Menghemat waktu, tenaga,
alat-alat dan biaya karena berlangsungnya program kerja yang efektif dan
efisien serta terukur.
6. 6. Buku Absen
Buku ini berisi sejumlah nama peserta didik
dalam kelas yang kita bina. Buku ini gunanya untuk mengontrol kehadiran peserta
didik.
7. 7. Buku Jurnal
Buku ini berisi catatan penilaian prilaku
peserta didik selama pembelajaran dilaksanakan, mulai dari kedisiplinan,
tanggung jawab, kerjasama, dan lain sebagainya.
8. 8. Buku penilaian
Buku ini digunakan untuk menyimpan data-data
hasil evaluasi terhadap peserta didik.
9. 9. Bundel portofolio
Tugas-tugas yang dikerjakan oleh siswa di
kumpul jadi satu bundel, biasanya digabung perkelas bahkan per individu.
Gunanya untuk mengetahui perkembangan kompetensi peserta didik, perubahan
peserta didik terhadap penerimaan materi yang disampaikan dapat diukur sehingga
memudahkan guru menentukan model dan metode yang akan diberikan. Melalui bundel
ini, seorang guru dapat menyimpulkan keberhasilan pembelajaran dikelasnya.
1010. Bank Soal
Ini adalah buku yang berisi kumpulan dari sejumlah soal yang akan diberikan kepada peserta didik.
1111. Media
Dalam menyajikan pelajaran, media menjadi
faktor penentuk keberhasilan pembelajaran. Tentang media, dibutuhkan inovasi
dan kreativitas guru untuk menentukan media-media yang diperlukan dalam kaitannya
dengan pokok bahasan yang diberikan.
Komentar
Posting Komentar